6848

Perjalanan 12GB bisa dibilang cukup singkat. Setelah dua tahun mereka berjalan, bisa dibilang masih sepi-sepi saja atau bisa dibilang sama dengan grup musik tradisional kebanyakan. Namun memasuki tahun ketiga mereka mendadak terkenal dan mencapai puncak kejayaan lebih dari 4 tahun, termasuk menembus pasar internasional. Namun kemudian mereka mendadak menghilang dan setahun kemudian terancam bubar.

Zaman Perintisan

Grup ini dibentuk Wang Xiaojing, general manager Beijing Shi Ji Xing Die Cultural Communication Limited Company atau Star Disk (SD). Audisi pun digelar dan diikuti hingga 4000 peserta. Para peserta pada umumnya adalah lulusan perguruan tinggi atau akademi musik dari seluruh penjuru negeri. Dari seleksi ini terpilih 12 orang yang pada umumnya memang pernah menjuarai berbagai lomba musik tradisional. Setelah anggota ditetapkan pada 10 Juni 2001, 12 Girls Band diresmikan keberadaannya pada tanggal 18 Juni 2001.

Konser perdana baru digelar pada 5 Oktober 2001 di Beijing dan diikuti peluncuran album perdana mereka “Meili Yinyuehui”. Berbagai undangan untuk tampil di acara-acara seni dan budaya pun berdatangan. Namun secara umum, sambutan publik di dalam negeri terhutung biasa-biasa saja. Setelah berjalan setahun, pada 2002 terjadi perubahan formasi karena beberapa anggotanya keluar. Anggota baru pun diambil dari hasil seleksi sebelumnya dan mulai ditambah lagi anggotanya hingga menjadi 13 orang tapi nama grup ini tidak diubah. Penambahan jumlah anggota dirasa perlu terutama untuk pemain erhu karena beberapa diantara mereka saat itu masih terikat kontrak dengan beberapa orkestra tempat mereka berkarier sebelumnya. Sehingga jika suatu saat diantara mereka mengalami crash jadwal maka 12 GB tidak akan kekurangan pemain.

Formasi baru ini sudah ditampilkan pada konser spesial kedua mereka berjudul Miracle di Beijing Exhibition Hall Theater pada awal Januari 2003. Pada tahun ini juga terjadi pergantian anggota lagi. Formasi yang baru ini bertahan cukup lama hingga 2006 dan pada kurun waktu tersebut 12 GB mencapai zaman keemasannya.

Zaman Keemasan

Jika sambutan publik di dalam negeri bisa dikatakan cukup dingin, berbeda halnya dengan di luar negeri. Rekaman video konser mereka rupanya menarik minat Kazuma Tomoto, seorang produser dari Jepang. Bersama dengan perusahaan rekaman Platia dari Jepang, mereka meluncurkan album di Jepang, “Beautiful Energy” pada Juli 2003. Dari sinilah nasib mereka mulai berubah. Di luar dugaan, album ini laris manis di Jepang. Tercatat 2 juta kopi terjual di Jepang saja. Ini adalah penjualan terbesar artis asing di Jepang. Popularitas mereka langsung meroket. Mereka pun menjadi bintang iklan berbagai produk, karakter mereka diparodikan di acara-acara dagelan, bahkan muncul vidio porno dengan aktris yang mirip mereka. Ketenaran mereka juga merangsang munculnya band-band sejenis. Fenomena ini terkenal dengan sebutan Miracle of A Dozen Roses.

Pada tahun ini juga mereka memenangkan berbagai penghargaan musik di Jepang. Untuk memenuhi permintaan penggemar, mereka merilis rekaman konser Miracle dalam bentuk DVD, CD dan kaset. Dan disusul dengan DVD konser pertama mereka di Jepang. Vidio-vidio rekaman konser mereka kemudian menjadi semacam tradisi. Setiap mereka meluncurkan album dalam bentuk CD, di luncurkan pula DVD konsernya. Bahkan ada album yang dipaketkan antara CD dan DVD-nya, meskipun tidak semua CD dan DVD itu isinya sama.

Pada 2004 mereka meluncurkan album “Shining Energy”. Album ini dipasarkan dalam bentuk CD, kaset dan CD yang dijadikan satu paket dengan DVD konser di Budokan pada Januari 2004. Seperti album sebelumnya, Shining Energy pun laris melebihi kacang goreng. Kesuksesan ini di ikuti dengan 32 konser di 20 kota di Jepang yang tiketnya habis hanya dalam 10 menit. Berbagai penghargaan pun kembali mendarat di pangkuan mereka. Pada pertengahan 2004 mereka mulai melakukan tour ke Asia Tenggara dan disusul dengan membidik target yang lebih jauh … Amerika Serikat.

Pada Agustus 2004 mereka meluncurkan album “Eastern Energy” yang dipasarkan di Amerika Serikat dan Kanada disusul dengan tur pertama mereka di AS. Di AS dan Kanada mereka mendapat sambutan yang sangat positif. Mereka menduduki peringkat 62 di tangga lagu Billboard 200. Ini adalah peringkat teratas diantar artis Asia. Mereka pun segera menjadi terkenal dan banyak media besar seperti CNN dan Time memuat liputan khusus tentang 12 GB. Pada akhir 2004 mereka merilis ulang DVD konser perdana mereka saat awal pembentukan disertai album “Red Hot Classic” yang berisi beberapa lagu dari album perdana mereka yang direkam ulang.

Tahun 2005 diawali dengan peluncuran album Romantic Energy yang 100.000 CD-nya langsung habis di hari pertama. Seperti tahun-tahun sebelumnya, hujan penghargaan pun menimpa mereka di Jepang. Pada Oktober hingga November 12 GB kembali mengunjungi AS dan juga Kanada. Dan pada akhir tahun ini mereka meluncurkan album Natal.

Pada awal 2006 Stardisk mendirikan 12 Girls Band Junior setelah sebelumnya pada 2005 mendirikan The Six Roses. Kelak beberapa anggota band ini akan mengganti pemain yang berhalangan atau mengundurkan diri. Pada tahun ini mereka merilis album The Best mereka dengan berbagai versi. Pada tahun ini juga terjadi peristiwa yang sangat mengejutkan fans berat mereka. Mereka melakukan pergantian formasi karena salah satu anggota 12 GB yang menjadi ikon band ini mengundurkan diri karena alasan manajerial. Stardisk mengambil pengganti dari musisi yang sudah matang bukan dari band-band junior yang sudah mereka persiapkan. Meskipun cukup mengecewakan fans berat mereka, namun antusiasme terhadap band ini tidak menurun. Konser mereka sepanjang 2006-2007 pun masih laris manis di seluruh dunia. Dan pada pertengahan 2007 mereka meluncurkan album “Live fron Shanghai”. Selain konser komersial, 12 GB juga banyak mengadakan konser amal seperti konser untuk tsunami di Aceh, untuk korban badai katrina, gempa di Jepang juga berbagai bencana alam di Cina bahkan untuk kampanye pelestarian lingkungan. Pada 2004 dan 2008 tercatat mereka mengadakan konser di Jakarta. Dan pada Juli 2007, Dwiki Dharmawan sempat berkolaborasi dengan mereka di Beijing Raffles Hotel.

Titik Balik

Pada pertengahan 2008 album “Four Season Sonata” dirilis ke pasaran. Sepanjang 2008 ini kegiatan mereka tercatat lebih banyak di dalam negeri. Tidak diketahui secara pasti, manuver mereka untuk menarik pasar di luar negeri terasa kurang. Mereka lebih banyak melakukan konser di dalam negeri. Dan album terakhir mereka dinilai kurang “berenergi”. Dalam album tersebut dinilai kurang mengeksplorasi kemampuan mereka dalam bermain musik. Kejenuhan internal juga diduga kuat ikut menurunkan kreativitas mereka. Dalam kurun waktu 2007-2008, mereka tercatat Cuma menghasilkan 2 atau 3 album. Dibandingkan kurun waktu 2003-2004, selain yang sudah disebut sebelumnya, mereka merilis lebih dari 10 album, itu pun di luar versi khusus untuk negara tertentu dan berbagai DVD konser yang lebih banyak lagi versinya. Namun dugaan terkuat atas turunnya performa mereka adalah karena konflik internal.

Konflik dengan manajemen sebenarnya sudah tercium sejak keluarnya salah satu pemain pilar mereka pada 2006. Dan hal ini semakin nyata dengan pengunduran diri tiga pemain lainnya pada akhir 2008. Awalnya pihak manajemen menyangkal kabar ini, mereka mengatakan bahwa anggota tersebut sedang cuti melahirkan atau sakit. Namun kemudian yang ternyata pengunduran diri mereka terbukti dengan dirombaknya lagi formasi 12 GB dengan menambahkan dua pemain dari 12 GB Junior dan Six Roses untuk menambal kekurangan ini. Dengan demikian jumlah anggota grup ini kembali menjadi 12 orang.

Pada Maret 2009, tiga diantara anggota yang keluar mendirikan grup baru bernama Graceful Triangle. Dan diperkirakan pada bulan itu juga sembilan anggota yang lain berbondong-bondong keluar dari 12 GB. Hal ini menunjukkan besarnya eskalasi konflik dengan manajemen mereka. Karena setelah keluar, kesembilan orang ini membentuk grup baru di bawah manajemen baru yang katanya lebih membebaskan mereka. Dengan tambahan tiga anggota baru, mereka mendirikan V12, singkatan dari Voice of 12.

Hingga tulisan ini diterbitkan, belum diketahui formasi 12 GB terbaru. Dengan tiga orang tersisa, apakah mereka akan melengkapi kekurangan dengan menambahkan anggota dari 12 GB Junior atau Six Roses yang lain atau mengambil musisi lain dari atau malah membubarkan diri. (bersambung)

Formasi 12 Girls Band pada Desember 2008

Formasi 12 Girls Band pada Desember 2008