Jika dihitung-hitung, sampai Maret 2009 sudah ada 20 orang yang pernah memperkuat formasi 12 Girls Band. Berikut sedikit profil mawar-mawar yang silih berganti telah datang dan pergi.

Zhou Jiannan, 周健楠 (2001-2009)

Zhou Jiannan

Cewek lulusan Central Conservatory of Music mendapat julukan “Six finger harp spirit” karena bayangannya yang bergerak anggun di panggung dengan jari-jarinya yang lincah menari di atas guzheng-nya. Dia meraih medali emas di Beijing Folk Instrumental Music Tournament 1996. Sebelum belajar main guzheng pada usia 8 tahun, dia telah lebih dulu belajar bermain pipa pada usia 7 tahun. Tak heran karena ZJN terlahir dari keluarga musisi. Cewek kelahiran Beijing yang murah senyum ini juga pernah mengajar musik di perguruan tinggi, dan salah satu muridnya adalah Zhong Bao yang kemudian menjadi partnernya di 12GB.

Saat audisi pemilihan personel 12GB pada 2001, Zhou Jiannan berhasil menyisihkan semua pesaingnya. Di 12GB dia juga menyandang ban kapten untuk teman-temannya. Bergabung dengan 12 GB sejak pertama berdiri dan ikut rame-rame meninggalkan band ini pada Maret 2009. Bersama delapan teman-temannya yang kabur dari 12GB bulan itu dia mendirikan V12.

Ma Jingjing, 马菁菁 (2001-2008)

ma jingjing1

Sejak umur 10 tahun, cewek cantik kelahiran Hangzhou Propinsi Zhejiang ini sudah belajar bermain Yangqin. Pada 1996 dia mendapat memenangkan gelar Best Performance Award di Seven-Star Cup National Young Performer Competition. Selain mahir bermain Yangqin, cewek Scorpio ini juga jago bermain guzheng dan berbagai instrument perkusi. Sebelum bergabung dengan 12GB, lulusan Central Conservatory of Music ini juga mengajar guzheng dan berkali-kali tampil di luar negeri. Pada 1997 sempat menjadi pengajar tamu di Singapura.

Bergabung dengan 12 GB sejak pertama berdiri dan bertugas bermain yangqin dan kadang bermain guzheng berduet dengan Zhou Jiannan. Bila diperlukan, cewek paling mungil di 12GB ini juga mengisi vokal pada lagu-lagu yang ditampilkan 12GB. Pada 2008 dia keluar dari 12GB dan merilis album solo perdananya. Pada 2009 bersama Zhang Shuang dan Zhan Lijun dia membentuk band Graceful Triangle.

Yang Songmei, 杨松梅 (2001-2009)

yang songmei1

Dipanggil Miemie atau bisa diartikan mbek karena bermarga Yang, bermain yangqin dan berbintang shanyang (capricorn), di mana Yang berarti kambing. Lulusan China Conservatory of Music ini telah belajar bermain yangqin sejak usia 7 tahun. Pada usia 16 tahun, cewek kelahiran Beijing ini sempat menjadi tidak suka lagi bermain yangqin dan beralih ke piano. Tapi karena paksaan orang tua dia menurut saja dan terus belajar yangqin. Hiangga suatu saat dia mendengar permainan yangqin yang tak biasa dari seniornya. Yangqin yang dimainkan dengan gaya modern yang sangat enerjik, membuatnya penasaran dan menggugah semangatnya belajar yangqin. Dengan semangat baru ini dia akhirnya menjadi pemain yangqin yang hebat dan sempat menempati podium kedua pada Beijing Folk Instrumental Music Tournament. Bergabung dengan 12GB sejak pertama berdiri dan menjadi pasangan yang klop dengan Ma Jingjing. Ikut meninggalkan 12GB pada awal 2009 dan bergabung dengan V12.

Liao Binqu, 廖彬曲 (2001- sekarang)

liao binqu1

Pada awalnya dara kelahiran Guangxi ini lebih suka menari. Saat berusia 5 tahun dia masuk sekolah tari. Pada usia 10 tahun mulai belajar seruling. Kemampuan bermusiknya pun ditingkatkan di Central University for Nationalities. Cewek scorpio ini pun mahir memainkan berbagai instrumen musik tiup. Medali perak diraihnya saat mengikuti Red Drum Instrumental Music Tournament di Guangxi.

Dipercaya mengawaki 12GB sejak pertama berdiri dan menjadi pemain paling setia di band ini. Saat teman-temannya pada awal 2009 meninggalkan 12GB dan mendirikan V12, dia tetap bertahan. Dengan demikian, saat ini Liao Binqu adalah satu-satunya pemain 12 GB dari formasi pertama (2001) yang tersisa. Selain bermain berbagai jenis seruling, dia juga menjadi bagian dari vocal group di 12GB.

Sun Yuan, 孙媛 (2001-2009)

sun yuan

Spesialis alat musik tiup ini berasal dari kota pantai Qingdao propinsi Shandong. Dia mulai belajar bermain suling saat baru berusia 7 tahun. Saat berumur 11 tahun dia melanjutkan studinya ke Beijing. Dengan keahliannya dia berhasil mendapat medali perak di The First Hope Cup Instrumental Music Tournament. Dia bergabung di 12GB sejak angkatan pertama pada tahun 2001 dan baru lulus dari Central University for Nationalities pada 2003.

Pemain seruling kidal ini menjadi pasangan yang kompak dan serasi saat bersanding dengan Liao Binqu, kecuali mungkin badan Sun Yuan yang kelewat tinggi. Persahabatan mereka memang sudah kental sejak pertama bergabung di 12GB karena berasal dari satu kampus dan hanya mereka berdua lah yang terpilih menjadi anggota 12GB. Ketahanannya pernah dibuktikan saat Liao Binqu dirawat di rumah sakit, Sun Yuan menjadi pemain seruling tunggal di band ini saat show. Dia sukses menjalankan peran yang biasanya dibagi berdua. Pada 2009 dia keluar dari 12GB dan turut mendirikan V12.

Zhang Shuang, 张爽 (2001-2006)

zhang shuang1

Wajahnya yang sumeh dan matanya yang lebar membuatnya mudah dikenali bagi yang pertama melihat penampilan 12GB. Kamera pun sering diarahkan padanya. Saat saya pertama melihat vidio band ini saya pikir wajahnya yang manis sangat familier dan mirip orang Indonesia. Zhang Shuang mungkin adalah pemain 12GB yang paling banyak penggemarnya meskipun bukan yang paling lama menghuni band ini. Keahliannya berbahasa Jepang menjadikannya juru bicara saat 12GB melawat ke Jepang di mana sebagian besar penggemar 12GB berasal. Keahlian bermain pipa dirintis sejak dia mulai belajar pipa pada usia 6 tahun. Saat masih anak-anak, kemampuannya dibuktikan dengan meraih juara pertama di Liaoning Instrumental Competition pada 1991. Cewek kelahiran Shenyang propinsi Liaoning ini kembali menunjukkan keahliannya dengan merebut gelar terbaik di China Conservatory of Music Instrumental Competition tahun 1994.

Lulusan Central Conservatory of Music ini bergabung dengan 12GB sejak pertama didirikan. Pada 2002 dia masih sempat menjadi pemain pipa utama di Eastern National. Di 12 GB, penggemar panjat tebing ini menjadi pemain pipa pertama. Di posisi ini dia selalu mengambil bagian dalam lagu yang memerlukan permainan pipa solo. Pada Maret 2006, dia meninggalkan 12GB dan menjauh dari dunia entertainment. Mundurnya Zhang Shuang dari 12GB sangat disayangkan berbagai pihak terutama para fans beratnya. Setelah 3 tahun menghilang, pada April 2009 dia kembali muncul bersama Zhan Lijun dan Ma Jingjing membentuk band baru, Graceful Triangle.

Du Wenting, 杜文婷 (2001 – 2002)

Du Wenting

Lulusan China Academy of Music ini telah belajar bermain pipa sejak usia 11 tahun. Pernah memenangkan dua gelar terbaik di sebuah kompetisi di Propinsi Shanxi. Setelah lulus dia bekerja di China Film Orchestra. Pada 2001 di terpilih sebagai anggota 12 GB dan menempati posisi pemain pipa kedua namun pada tahun berikutnya di tidak memperpanjang kontrak dan melanjutkan kariernya di China Film Orchestra.

Zhao Guangjin, 赵光瑾 (2001 – 2002)

Zhao Guangjin

Salah satu anggota pertama 12 GB ini telah belajar bermain pipa pada usia 7 tahun dan pernah memenangkan gelar best performance pada suatu kompetisi yang di gelar oleh Xi’an Conservatory of Music. Dia kemudian melanjutkan studi di Central Conservatory of Music dan pada 2001 bergabung di 12GB sebagai pemain pipa ketiga. Pada 2002 bersama Huo Xiaojun dan Du Wnting dia tidak melanjutkan kontrak dengan 12 GB.

Zhan Lijun, 詹丽君 (2001-2008)

zhan lijun1

Dari balik matanya yang hampir menyerupai dua garis di wajahnya, terpancar kharisma sebagai pemain erhu nomor satu di 12GB. Memang, sejak usia 11 tahun dia sudah menjuarai ART Cup International. Dan prestasi itu dilanjutkan dengan memenangkan gelar The Excellence Prize pada ajang International Instrumental Music Tournament pada tahun 2000 di Taipei, Taiwan. Jagoan erhu yang dilahirkan di Hangzhou Propinsi Zhejiang ini telah belajar erhu sejak usia 6 tahun. Dan pada usia 10 tahun sudah hijrah ke Beijing untuk mengasah keahliannya. Setelah lulus dari Central Conservatory of Music pada tahun 2000 dia mengamalkan ilmunya di Central Folk Orchestra sebagai co-chief erhu.

Pada 2001 dia bergabung di 12GB dan menempati posisi erhu pertama. Dengan posisi ini dia sering mendapat mandat untuk memainkan erhu solo dan menunjukkan kebolehannya memainkan lagu-lagu yang sulit. Ketika dia keluar dari 12GB, reaksi yang muncul hampir sama seperti saat Zhang Shuang meninggalkan 12GB. Banyak kalangan yang menyayangkannya dan memunculkan pertanyaan siapa yang akan menggantikannya. Tapi reaksi dari manajemen tak seperti saat Zhang Shuang keluar. Mereka tidak mendatangkan pemain baru dan mempercayakan tugas erhu solo ke Sun Ting atau Yin Yan. Selama di 12GB, Zhan Lijun juga bergabung di berbagai kelompok musik tradisional dan tampil solo di berbagai kesempatan. Dia juga merekam beberapa album dan berkolaborasi dengan musisi Joe Hisaishi di konser Asian X.T.C. pada 2006. Saat ini dia berkumpul lagi dengan teman-teman lamanya, Zhang Shuang dan Ma Jingjing dalam band baru mereka, Graceful Triangle.

Yin Yan, 殷焱 (2001-2008)

Yin Yan1

Gaya rambutnya hampir tak pernah berubah sejak pertama tampil, rambut cewek kelahiran Chengdu Propinsi Sichuan ini selalu saja panjang lurus terurai. Paling-paling letak belahan dan bentuk ujung rambut aja yang berubah. Putri dari petinggi Sichuan Music College ini belajar erhu sejak berusia 8 tahun. Pada 1993 dia sudah meraih medali perak dalam Instrumental Music Tournament di Nanjing. Dan pada 1996 dia berhasil meraih juara pertama di ajang Fujitsu Ethnomusic Instrument Competition. Setelah lulus dari China Conservatory of Music dia bergabung di China Film Philharmonic untuk mengisi musik latar film. Pada 2001 dia dipercaya mengawaki 12 GB dan menjadi pemain erhu kedua setelah Zhan Lijun. Berduet atau bergantian dengan Zhan Lijun dalam memainkan erhu duo atau solo pada lagu-lagu 12GB dan mengambil peran erhu utama saat Zhan Lijun berhalangan hadir. Namun pada tahun-tahun terakhir, perannya mulai diambil alih oleh Sun Ting.

Seiring dengan meredupnya pamor 12GB, kabar Yin Yan pun tak kalah samar. Menjelang akhir 2008 dia dikabarkan meninggalkan band ini menyusul Zhan Lijun. Tapi manajemen 12GB mengatakan bahwa dia tidak bisa tampil karena cuti melahirkan. Namun setelah lama tak muncul juga, menajemen bilang kalau dia sakit. Pada akhir 2008 saat Wan Lin resmi masuk squad 12GB, fans 12GB semakin yakin bahwa Yin Yan memang sudah pergi. Dan sampai saat kesembilan anggota 12 GB berbondong-bondong pergi, dia masih diakui manajemen 12GB sebagai anggota dan masih dalam proses pemulihan. Kabar ini pun semakin tak jelas karena yang bersangkutan juga tak pernah mengkonfirmasinya.

Lei Ying, 雷滢 (2001-2009)

lei ying1

Mungkin dia juga termasuk anggota 12GB yang mudah diingat. Wajahnya cantik, selalu berambut pendek dan terlihat paling tomboy saat bermain erhu, namun terlihat begitu anggun ketika jari-jarinya dengan lembut memetik dawai duxianqin. Di lahirkan di kota Nanning Propinsi Guangxi propinsi paling selatan yang berbatasan dengan Vietnam, dan belajar bermain erhu sejak berumur 11 tahun. Sebagai gadis Zhuang (etnis kedua terbesar di RRC setelah Han yang mendiami daerah selatan China sampai Vietnam), Lei Ying juga mempelajari duxiangqin, alat musik dari china selatan yang saat ini termasuk alat musik langka. Dengan keahliannya Lei Ying mulai mengukir prestasi dengan memenangkan juara kedua dalam Guangxi Cutural Art Competition pada 1997. Kemudian dilanjutkan dengan meraih tempat ketiga dalam PLA Art Competition. Namun tak pernah disebutkan dengan instrument apa dia meraih gelar-gelar tersebut. Lulusan PLA Art College ini kemudian menjuarai National Minority Instrumental Music Tournament tahun 2001. Kalau di ajang yang satu ini sudah dipastikan kalau dia bermain duxiangqin.

Pada tahun 2001, cewek Gemini ini lulus audisi 12GB. Di band ini dia memainkan dua alat musik, erhu dan duxiangqin. Jika dalam hal gesek-menggesek erhu dia tak pernah terlihat tampil solo, maka dalam memainkan duxiangqin, cewek bersuara lembut ini tak tergantikan. Selain bergabung dalam 12GB, dia juga aktif di kegiatan pengenalan alat musik minoritas melalui konser-konser orkestra musik tradisional baik di dalam maupun di luar negeri. Pada awal 2009 salah satu vokalis 12GB ini kabur bersama teman-temannya mendirikan V12. Seakan menegaskan statusnya yang baru, di band yang baru di bentuk ini Lei Ying tampil dengan rambut panjang.

Huo Xiaojun, 霍暁君 (2001 – 2002)

huo xiaojun1

Dilahirkan di Tianjin dan belajar erhu sejak berumur 9 tahun. Bakatnya sudah terlihat sejak dini sehingga dia berhasil memperoleh kesempatan untuk mendapat pendidikan khusus. Pada 1994 dia lulus dari China Academy of Music dan bergabung dengan Chinese Opera and Dance Drama Theatre. Pada 1999 dia berhasil memperoleh gelar terbaik di Ministry of National Cultural Award.

Pada 2001 dia berhasil terpilih dalam kontes rekrutmen 12GB sebagai pemain erhu. Namun dia tidak lama di band ini. Pada 2002 dia keluar dan merintis karier sendiri. Dengan bakatnya yang cemerlang dia telah mengajar musik di berbagai tempat dan telah tampil di berbagai negara baik di Asia, Amerika maupun di Eropa. Pada 2006 dia berkolaborasi dengan musisi ternama Richard Clayderman dalam suatu konser di Macau.

Zhang Kun, 张琨 (2002 – 2009)

Zhang Kun1

Wajah ayunya menjadi pusat perhatian karena saat dipanggung selalu ditempatkan tepat di tengah-tengah formasi. Dilahirkan di sebuah kota kecil Suizhou di Propinsi Hubei dan pindah ke Langfang Propinsi Hubei dekat Beijing saat berumur 5 tahun. Mulai belajar pipa pada usia 7 tahun. Pada usia 12 tahun dia belajar di China Conservatory of Music di Beijing dan tinggal di sana. Cewek aquarius ini pernah meraih medali perak di kategori The Teenager Group pada the Instrumental Music Tournament di Hebei. Dan pada 1999 menempati posisi kedua di kompetisi yang diadakan Departemen Kebudayaan.

Pada 2001 dia mengikuti audisi 12GB. Meskipun penampilannya bagus, namun dia belum beruntung untuk masuk formasi 12GB. Setelah dua pemain pipa mengundurkan diri dari 12GB, dia pun menjadi salah satu pilihan utama untuk menggantikan mereka. Sejak itu dia menempati posisi pemain pipa kedua. Setelah Zhang Shuang keluar dari 12GB, dia mulai terlihat bermain pipa solo di band ini meskipun masih sebagai pemain pipa kedua. Pada Maret 2009 dia tidak lagi memperpanjang kontraknya di 12GB dan bersama 8 temannya yang lain mendirikan V12.

Zhong Bao, 仲宝 (2002- sekarang)

zhong bao1

Hampir sama dengan Zhang Kun, dia tidak lolos di babak akhir penentuan anggota 12GB pada 2001. Namun setelah dua pemain 12GB keluar barulah dia direkrut untuk menggantikan mereka. Dilahirkan di propinsi paling ujung utara di RRC, Heilongjiang dan belajar bermain musik tradisional sejak SD. Dia kemudian mematangkan keahlian musiknya di People Liberation Army (PLA) Art College. Pada 1995 dia berhasil meraih gelar The Best Performance pada The Folk Instrumental Music Tournament di Hebei.

Di 12GB dia memegang jabatan sebagai pemain pipa ketiga. Selain bermain pipa, suaranya juga dipercaya menjadi bagian dari vocal group di 12GB. Meskipun tak pernah bermain pipa solo, Zhong Bao menjadi terkenal karena cewek yang suka ganti gaya rambut ini termasuk yang paling ceria di antara teman-temannya. Ketika teman-teman seperjuangannya bareng-bareng keluar dari 12GB, Zhong Bao memilih tetap tinggal di 12GB hingga sekarang.

Sun Ting, 孙婷 (2002-2009)

sun ting1

Saat bergabung di 12GB pada akhir 2002 setelah Huo Xiaojun mengundurkan diri, Sun Ting menjadi pemain termuda di 12 GB saat itu. Meski terbilang paling muda, dia segera menunjukkan talentanya. Tak heran pada konser Miracle tak lama setelah ia begabung, cewek pisces ini langsung dipercaya menemani Zhan Lijun “berduel” melawan violist Chong Haiying dalam medley Neo Classicism. Pada penampilan di tahun-tahun berikutnya, secara perlahan namun pasti tampak bahwa perannya mulai menggeser posisi Yin Yan. Pemain erhu kelahiran Xuzhou Propinsi Jiangsu ini menjadi sering dimainkan berpasangan dengan Zhan Lijun meskipun Sun Ting juga sering dipasangkan dengan Yin Yan. Dia juga mulai sering dipercaya bermain solo. Saat Zhan Lijun pergi dia dikabarkan mengisi posisi yang ditinggalkan Lijun.

Cewek dengan senyum lebar ini sebenarnya mulai belajar musik dengan piano sebelum belajar erhu pada usia 8 tahun. Seperti kebanyakan saudarinya di 12 GB, dia pun menghabiskan masa remajanya untuk mendalami keterampilan bermusik di Beijing sejak usia 10 tahun. Lulusan Central Conservatory of Music ini pernah memenangkan medali perak di ajang Voice of Dragon International Instrumental Music Tournament. Sejak bergabung dengan 12GB dan menunjukkan performanya, anggota vocal group 12GB ini menjadi salah satu personel yang paling populer. Di samping itu, dia juga tercatat pernah merekam album di luar 12GB. Pada 2009 pemilik nama lain Tina Sun ini turut keluar dari 12GB dan bergabung dengan V12.

Wang Yiwen (2002 – 2003)

wang yiwen1

Tidak banyak yang bisa diketahui dari anggota 12 GB yang satu ini. Diperkirakan bergabung di 12GB antara 2002 dan 2003 sebagai pemain erhu. Dia kemudian diganti oleh Jiang Jin. Ada yang menganggap di sebagai pemain sementara, namun pada saat dia berada di 12GB, anggota band ini sudah berjumlah 13 orang dengan lima pemain erhu. Meski sebentar, dia akan selalu teringat oleh para fans berat 12GB karena penampilannya sudah terpatri di album Miracle Live. Salah satu album video paling populer dan paling dicari penggemar.

Jiang Jin, 蒋瑾 (2003-2009)

jiang jin1

Berpostur tubuh paling tinggi membuatnya paling menonjol ketika berjajar dengan teman-temannya. Meski demikian, Jiang Jin adalah yang termuda di formasi 2003. Saat bergabung ke 12 GB dia pun masih berstatus sebagai pelajar. Jiang Jin bergabung dengan 12 GB pada 2003 menggantikan posisi Wang Yiwen. Dia beruntung karena bergabung saat 12 GB mulai menapaki zaman keemasannya. Meskipun dia menjadi anggota ke-13 dan 12 GB saat itu masih memepertahankan formasi 12 orang di panggung, tapi dia bisa tampil penuh di beberapa konser awal di Jepang karena Zhan Lijun berhalangan hadir.

Tidak pernah terlihat bermain solo di 12GB tapi pada tahun-tahun terakhir sering dipasangkan dengan Yin Yan untuk duo erhu di beberapa lagu. Cewek kelahiran Shijiazhuang Propinsi Hebei ini belajar erhu sejak kecil dan mendalami musik di China Conservatory of Music. Beragam prestasi pun ditorehkan, diantaranya adalah memenagkan juara pertama di ajang Beijing House of Children Erhu Competition dan di China Music Academy Award. Penyandang gelar S2 ini turut bergabung dengan teman-temannya meninggalkan 12GB dan membentuk V12.

Shi Juan, 石娟 (2006 – today)

shi juan

Saat bergabung di 12GB dia mendapat tugas yang cukup berat, yaitu menggantikan posisi Zhang Shuang sebagai pemain pipa pertama. Hal ini karena Zhang Shuang saat itu termasuk pemain 12GB yang paling banyak pengagumnya. Meskipun secara fisik dia tak semenarik Zhang Shuang namun dia menjawab semua keraguan publik dengan permainan pipa yang jempolan. Tak heran, Shi Juan memang sudah menjadi seorang pemain professional yang sarat pengalaman dan penghargaan sebelum bergabung direkrut manajemen 12GB.

Di lahirkan di propinsi Jilin, dia mulai belajar musik saat masih anak-anak. Kemudian melanjutkan studinya ke Shenyang dan kemudian ke Beijing. Prestasinya dimuali saat Shi Juan memenangkan juara pertama di “ART” Cup Chinese Instruments Competition untuk kelas junior. Kemudian dia bergabung dengan sebuah orkestra dan melanjutkan studi di Central Conservatory of Music dan menjadi bagian dari kontingen pertukaran budaya dengan Korea Selatan. Berbagai penghargaan yang kemudian diraih antara lain, juara pertama 1st National Music Competitions di Central Conservatory of Music 1996, juara ketiga di Taipei Folk Instrumental Concerto Competition dan juara dua di First Instrumental Music Tournament 2002 yang diadakan Departemen Kebudayaan kategori Young Professional. Pada 2002 juga dia mulai tampil solo dan dilanjutkan dengan rekaman album dan menerbitkan panduan bermain pipa. Dia pun mulai mengajar di beberapa tempat dan lebih banyak lagi tampil di luar negeri, baik di Asia, Amerika bahkan di Eropa. Atas dasar inilah kemudian manajemen 12GB merekrutnya pada 2006 untuk mempertahankan performa dan popularitas 12GB. Ketika kebanyakan pemain kabur dari 12 GB, Shi juan tetap bertahan bersama Liao Binqu dan Zhong Bao.

Wang Lin (2008 – 2009)

wang lin

Di 12 GB, Wang Lin bermain erhu. Mengisi kekurangan pemain erhu setelah Zhan Lijun dan Yin Yan meninggalkan band ini. Sebelum bergabung di 12 GB dia adalah pemain erhu 12 GB Junior yang dibentuk di bawah manajemen yang sama dengan 12 GB. Sama dengan para seniornya, Wang Lin juga pemain berbakat dengan prestasi yang bagus. Di antara prestasinya adalah memenangkan lomba musik tradisional di Liaoning. Lulusan Central Conservatory of Music ini cuma sebentar di 12GB lalu mengikuti para seniornya mendirikan V12.

Ma Yajing (2008 – 2009)

ma yajing

Ma Yajing bermain Yangqin di 12GB, mengisi posisi yang ditinggalkan Ma Jingjing. Sebelumnya dia adalah anggota The Six Roses yang dilahirkan dari induk yang sama dengan 12 GB dan 12 GB Junior. Lulusan Central Conservatory of Music ini pernah menjuarai kompetisi yang diadakan Kementerian Kebudayaan China dan kejuaraan yang diadakan Central Conservatory of Music. Tak lama di 12 GB, Ma Yajing mengikuti sebagian besar seniornya meninggalkan 12GB untuk bergabung di V12.